
PENGARUH KEDISIPLINAN BERPAKAIAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA KELAS 10
PENGARUH KEDISIPLINAN BERPAKAIAN
TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA KELAS 10
Oleh :
Bian Febriyan, S.Pd
BK SMA Negeri 1 Donorojo
Email : bianfebrian82@guru.sma.belajar.id
Abstrak :
Discipline is one of the most important aspects of character building, especially in the school environment. One form of discipline often implemented in schools is dress code compliance. This article aims to analyze the influence of dress code discipline on the character development of 10th-grade high school students. The research method used is a literature study and a survey of 100 10th-grade students from five different schools. The results show that dress code discipline positively impacts students' character development, such as increasing their sense of responsibility, respect for rules, and fostering a disciplined attitude in various aspects of life. This article also provides recommendations for schools to strengthen dress code policies as part of character education.
Keywords : Discipline, Dress Code, Character, High School Students, Character Education
Pendahuluan:
Kedisiplinan adalah salah satu nilai penting yang harus ditanamkan sejak dini, terutama dalam lingkungan pendidikan. Di sekolah, kedisiplinan tidak hanya berkaitan dengan akademik, tetapi juga dengan perilaku sehari-hari, termasuk dalam hal berpakaian. Kedisiplinan berpakaian merupakan salah satu bentuk aturan yang diterapkan di sekolah untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan mendukung proses pembelajaran. Bagi siswa SMA kelas 10, yang berada dalam fase transisi dari remaja menuju dewasa, kedisiplinan berpakaian dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk karakter yang baik.
Tujuan Penelitian:
Penelitian ini bertujuan untuk:
- Menganalisis pengaruh kedisiplinan berpakaian terhadap pembentukan karakter siswa SMA kelas 10.
- Memberikan rekomendasi bagi sekolah dalam mengimplementasikan kebijakan kedisiplinan berpakaian.
Metode Penelitian:
Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan survei. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Survei dilakukan terhadap 100 siswa SMA kelas 10 di 5 sekolah yang berbeda. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dan Pembahasan:
- Pengaruh Kedisiplinan Berpakaian terhadap Tanggung Jawab
Hasil survei menunjukkan bahwa 75% siswa merasa bahwa kedisiplinan berpakaian membantu mereka untuk lebih bertanggung jawab. Siswa yang selalu mematuhi aturan berpakaian cenderung lebih disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.
- Pengaruh terhadap Penghargaan terhadap Aturan
Sebanyak 80% siswa menyatakan bahwa kedisiplinan berpakaian mengajarkan mereka untuk menghargai aturan. Hal ini terlihat dari sikap siswa yang lebih menghormati peraturan sekolah lainnya.
- Pengaruh terhadap Sikap Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari
Kedisiplinan berpakaian juga berpengaruh terhadap sikap disiplin siswa dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yang terbiasa disiplin dalam berpakaian cenderung lebih teratur dalam mengatur waktu dan kegiatan mereka.
Tabel 1: Hasil Survei Pengaruh Kedisiplinan Berpakaian terhadap Karakter Siswa
No. |
Aspek Karakter yang Dipengaruhi |
Persentase Siswa yang Setuju |
Keterangan |
1 |
Meningkatkan rasa tanggung jawab |
75% |
Siswa merasa lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka. |
2 |
Menghargai aturan |
80% |
Siswa lebih menghormati peraturan sekolah. |
3 |
Menumbuhkan sikap disiplin |
70% |
Siswa lebih teratur dalam mengatur waktu dan kegiatan. |
Kesimpulan:
Kedisiplinan berpakaian memiliki pengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa SMA kelas 10. Melalui kedisiplinan berpakaian, siswa dapat belajar untuk lebih bertanggung jawab, menghargai aturan, dan mengembangkan sikap disiplin dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, sekolah perlu memperkuat kebijakan kedisiplinan berpakaian sebagai bagian dari pendidikan karakter.
Rekomendasi:
- Sekolah perlu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya kedisiplinan berpakaian kepada siswa.
- Guru dan orang tua perlu bekerja sama untuk mendukung penerapan kedisiplinan berpakaian di sekolah dan di rumah.
- Sekolah dapat mengadakan kegiatan yang mendukung pembentukan karakter, seperti seminar atau workshop tentang pentingnya kedisiplinan.
Daftar Pustaka:
- Santoso, A. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Wibowo, B. (2019). Kedisiplinan dan Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, 15 (2), 45-60.
- Nurhayati, S. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Berpakaian terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 10 (1), 3 0-45.